Berita Jambi

meningkatkan imunitas tubuh

Tanaman Aglonema

Menurunkan Berat Badan

Sunday 2 December 2012

Piala AFF : Hinaan Sporter Malaysia Untuk Indonesia Di

Jambi, Sorana Id, Penghinaan suporter sepakbola Malaysia terhadap Tim Nasional Indonesia dalam ajang Piala AFF 2013, dengan kata-kata kotor, seperti terekam di situs Youtube.com Bisa dilihat di Video Hinaan Suporter Malaysia Di Piala AFF, menjadi peringatan serius bagi elit negara-negara di ASEAN.

hinaan suporter malaysia di aff
hinaan suporter malaysia di aff
Seperti diketahui, sesaat setelah Indonesia mengalahkan timnas Singapura dengan skor tipis, 1-0, di situs Youtube beredar video rasis suporter Malaysia. Dalam video tersebut, terdengar yel-yel yang rasis dan provokatif. Pasalnya, suporter Malaysia menyebut Indonesia dengan kata-kata yang tak pantas, bahkan menyamakan dengan binatang.

Sontak saja, keberadaan video berisi yel-yel rasis suporter Malaysia membuat kuping masyarakat Indonesia panas. Sehingga dipastikan keberadaan video rasis itu akan menambah panas temperatur pertandingan hidup-mati yang akan digelar esok petang hari di stadion Bukit Jalil, Malaysia.


Menyangkut insiden hinaan terhadap Indonesia oleh suporter Malaysia, Hikmahanto menilai sebaiknya Pemerintah Malaysia mengambil langkah-langkah serius terhadap pengunduh video youtube dan menyampaikan permintaan maaf agar menenangkan publik di Indonesia.

Ia mengatakan, beredarnya video dalam youtube yang menggambarkan suporter sepak bola Malaysia menghina Indonesia harus menjadi peringatan (wake up call) bagi para elit di negara-negara ASEAN bahwa cita-cita untuk membentuk Masyarakat ASEAN (ASEAN community) bisa gagal.

Oleh karena itu, lanjut dia, para elit di negara ASEAN tidak memandang fenomena ini sebagai suatu hal yang remeh.

Ia menjelaskan, secara hukum Internasional, Indonesia tidak bisa banyak berbuat atas ulah oknum warga Malaysia namun pemerintah kedua negara harus dapat memagari dan mengisolasi masalah ini agar tidak mengganggu hubungan baik bilateral kedua negara.

"Pemerintah Indonesia perlu melakukan komunikasi dengan Malaysia yang menunjukkan sikap tegas Indonesia ketika ada api kecil yang berpotensi menganggu amarah publik," ujarnya.

Sumber: Dari berbagai media online

Jangan asal copy paste, baca aturanya Disini Post By Afif Kurniawan Sinuhaji  
Gabung Di Forum Diskusindo
 TV Online

 

No comments:

Post a Comment